google

Wednesday, 28 May 2014

LAMBANG GERAKAN PRAMUKA



1. SEJARAH
 
Tunas kelapa adalah lambang dari gerakan pramuka Indonesia. Lambang ini diciptakan oleh Alm. Bapak Sumardjo Atmodipuro seorang pembina pramuka yang aktif bekerja sebagai pegawai tinggi Departemen Pertanian. Lambang ini pertama kali digunakan pada saat penyerahan panji-panji gerakan keparamukaan pada tanggal 14 Agustus 1961, sehingga hari itu dinyatakan sebagai hari lahirnya gerakan pramuka di Indonesia. Lambang gerakan pramuka merupakan silhuet tunas kelapa, sesuai dengan Keputusan Kwartir Nasional Nomor 06/KN/72.
Lambang gerakan pramuka adalah Tanda Pengenal tetap yang mengkiaskan sifat, keadaan,nilai dan norma yang dimiliki oleh tiap anggota Gerakan Pramuka.




2.  ARTI DAN MAKNA LAMBANG GERAKAN PRAMUKA

 Arti dan makna Lambang Gerakan Pramuka adalah sebagai berikut :
a)   Buah nyiur (Buah Kelapa) Dapat bertahan lama dalam keadaan bagaimanapun juga.
Jadi lambang itu mengkiaskan setiap PRAMUKA ialah seorang yang sehat jasmani dan rohaninya kuat dan ulet, serta bertekad besar dalam menghadapi tantangan hidup dalam menempuh ujian dan kesukaran untuk mengabdi tanah air dan bangsa Indonesia.
b)   Tunas Nyiur (Tunas Kelapa) dalam keadaan tumbuh dinamakan “CIKAL’’
Mengkiaskan bahwa setiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia
c) Nyiur Dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya.
Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa setiap Pramuka dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat dimana ia berada dan dalam keadaan bagaimanapun.
d)   Nyiur tumbuh menjulang lurus keatas dan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia.
mengkiaskan bahwa Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi dan lurus, mulia, dan jujur serta tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.
e)   Nyiur tumbuh kuat dan erat dalam tanah.
 Mengkiaskan tekad dan keyakinan Pramuka yang berpegang pada dasar dan landasan yang baik, benar, kuat dan nyata, ialah tekad dan keyakinan untuk memperkuat diri guna mencapai cita-cita.
f)    Nyiur ialah pohon serbaguna,dari ujung atas hingga akar.
 mengkiaskan bahwa Pramuka ialah manusia berguna dan membaktikan diri dan kegunaannya pada kepentingan tanah air,Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,serta umat manusia.


3. ARTI LAMBANG SECARA KESELURUHAN

Lambang Gerakan Pramuka merupakan tanda kebesaran jiwa Pramuka,yang mengandung makna Pramuka itu tangkas,sigap,sehat jasmani dan rohani,kuat dan ulet, berpengharapan penuh ,besar tekad dan keyakinan dalam menghadapi tantangan hidup,berbudi luhur,bercita-cita tinggi, jujur dan tanggung jawab,sederhana,berwatak satriya,mampu menyesuaikan diri dimanapun berada dalam keadaan apapun, kuat dan teguh batinnya.Sehingga dapat menjadi pewaris dan penerus bangsa yang lebih sanggup,mampu dan tanggung jawab dalam mengabdikan diri pada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4. PENGGUNAAN
  • Lambang Gerakan Pramuka dapat dipergunakan pada Panji, Bendera, Papan Nama Kwartir / Satuan, Tanda Pengenal dan alat administrasi Gerakan Pramuka
  • Penggunaan lambang tersebut dimaksudkan sebagai alat pendidikan untuk mengingatkan dan menanamkan sifat dan keadaan seperti yang termaktub dalam arti kiasan lambang Tunas Kelapa itu pada setiap anggota Gerakan Pramuka.
  • Setiap anggota Gerakan Pramuka diharapkan mampu mengamalkan dan mempraktekkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya kepada masyarakat di sekelilingnya. Sebab generasi muda yang tergabung dalam Gerakan Pramuka diharapkan kelak mampu menjadi kader pembangunan yang berjiwa Pancasila



http://arvianfahrurrizal.blogspot.com/2012/02/arti-lambang-gerakan-pramuka.html
http://buletinpramukatunaskelapa.blogspot.com/2013/03/sejarah-dan-makna-lambang-gerakan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Lambang_Pramuka
 

No comments:

Post a Comment