google

Saturday, 7 June 2014

BELAJAR MICROSOFT POWER POINT 2007





PENJELASAN MENU-MENU MICROSOFT POWER POINT 2007


A.     Mengenal Tata Letak Lembar Kerja Microsoft Power Point 2007
Power Point 2007 memiliki banyak perubahan,terutama tampilan lembar kerja. Tampilan baru itu disebut ribbon.

Berikut ini Tata Letak  power point 2007
1.    Ribbon Menu 
2.    Tabs terdiri dari beberapa ribbon
3.    Groups yang terdiri dari beberapa tabs
4.    Command button  
5.    Dialog box launcher berfungsi untuk membuka task pane yang terkait dengan group.
6.    Office button

Berikut ini Tata Letak Slide power point 2007
1.    Slide thumb untuk preview
2.    Slide utama dan sebagai lembar kerja yang aktif
3.    Note digunakan untuk memberi catatan dalam setiap slide utama
4.    Status Bar untuk melihat halaman slide yang aktif dan jumlah total slide keseluruhan
5.    View Slide untuk melihat model tampilan Slide.
6.    Zoom untuk memperbesar dan memperkecil slide utama secara default adalah 68%


B.      Membuat, Menyimpan, dan Membuka (SAVE, OPEN) File Presentasi
Langkah menambah dan menghapus slide :
a)    Klik menu new slide pada tabs home.
b)    Kemudian pilih tipe slide yang diinginkan.
c)     Untuk menghapus klik command button delet yang terletak di kiri command button new slide.
d)    Untuk mengubah type slide klik command button layout yang terletak diatas command button delete.
Langkah menyimpan file presentasi :
1)    Tekan Ctrl+S sebagai short cut.
2)    Atau klik office button lalu klik save atau save as.
3)    Akan muncul kotak dialog untuk menentukan nama file,lokasi penyimpanan dan tipe file lalu klik save.

Membuka Presentasi
1.    Cara shrort cut  dengan menekan Ctrl+o.
2.    Atau klik office button lalu pilih open .
3.    Tentukan lokasi file yang dicari.
4.    Ketik nama file yang dicari.

Jika mambuka office button dan memilih save akan adatampilan Recent  file pada sebelah kanan kotak save.Menu tersebut berfungsi sebagai petunjuk file yang terakhir di buka


C.      Mengenal Menu Menu pada Microsoft Power Point 2007



C.      Mengenal Menu Menu pada Microsoft Power Point 2007
No
Menu
Keterangan
1
Home
Terdiri dari menu dasar pang digunakan dalam pembuatan presentasi seperti
a.Clipboard berisi copy,paste,cut dan format printer
b.Slides untuk menambah,menghapus dan mereset slide show.
c.Font untuk mengatur font dari warna,jenis dan lainnya.
d.Paragraph untuk mengatur kalimat dari posisi,spasi,bullet,numbering dan lainnya.
e.Drawing untuk menggambar suatu objek.
f.Editing untuk mencari dan mengganti teks secara keseluruhan.
2
Insert
Terdiri dari grup menu untuk menambahkan suatu objek ke dalam presentasi seperti :
a.Tabel digunakan untuk memasukkan format tabel dalam slide.
b.Illustrations untuk menambahkan suatu objek.
c.Links digunakan untuk membari tautan atau hubungan ke file atau alamat internet.
d.Teks berisi menu untuk menambahkan simbol,halaman,word art dan lain-lain.
e.Media clips digunakan untuk menambahakan movie dan sounds.
3
Design
Terdiri dari group menu untuk mengatur halaman slide,tempelate dan latar belakangslide seperti :
a.Page set up untuk mengatur halaman slide.


b.Themes digunakan untuk memberi tampilan instant sesuai template yang ada.
c.Background digunakan memberi latar belakang pada slide.
4
Animation
Terdiri dari grup yang berfungsi untuk animasi pada slide agar lebih interaktif.
5
Slide Show
Terdiri dari grup untuk mengatur tampilan saat slide shiw dijalankan.
a.Start slide show dan set up digunakan untuk mengatur slide mana yang akan ditampilkan.
b.Monitor digunakan untuk mengatur resolusi monitor saat slide dijalankan.
6
Review
Terdiri dari grup menu untuk memeriksa bahasa,memberi komentar dan memberi password pada file presentasi.
7
View
Terdiri dari grup untuk mengatur tampilan yang berhubungan dengan slide.

D.     Mencari  Sumber Presentasi dari Internet
Salah satu cara mencari sumber presentasi dari internet adalah dengan maesi pencari (search engine). Contohnya dengan Google. Keyword merupakan suati kata yang mampu mewakili seluruh data yang dicari.
Mencari data dengan keyword
a.    Keyword yang hanya terdiri dari satu kata
b.     Keyword yang terdiri dari dua kata atau lebih
c.    Keyword yang mengandung salah satu dari kedua kata
d.    Keyword dengan menggunakan tanda petik (“”)
e.    Keyword berserta dengan persamaan atau sinonim keyword tersebut
f.     Keyword dengan pengganti kata agar memperoleh hasil pencarian dengan kata awal,tengah/akhir yang berbeda/
g.     Keyword tidak menggunakan tanda minus(-)
Mencari data sesuai dengan jenis file yang dibutuhkan
      Cara ini lebih efektif dan efisien karena file yang dicaridapat langsung ditemukan.Cara ini menggunakan jenis file yang dicari.Seperti .ppt untuk power point, .doc untuk microsoft word, .xls untuk excel, .pdf untuk acrobat reader, .avi untuk jenis file, .jpg untuk jenis gambar.




EDITING SLIDE DAN TEKS PADA MICROSOFT POWER POINT 2007

Intisari :
              Slide adalah bagian utama dalam sebuah presentasi sehingga pemilihan slide harus tepat.Header and footer berfungsi untuk memberi juduk pada bagian atas dan bagian bawah slide,biasanya digunakan untuk meletakan halaman slide.Bentuk olah.an gambar Macromedia Flash Player biasanya bentuk file Shockwave(berekstensi swf)

A.     Penggunaan Slide Power Point 2007
Slide adalah bagian utama dalam sebuah presentasi sehingga pemilihan slide harus tepat.Berikut ini contoh tipe slide :
1.    Title Slide digunakan untuk meletakan judul atau bab pada presentasi.
2.    Tiltle and content digunakan hanya untuk meletakan judul subbab dan isi
3.    Title Only digunakan hanya untuk meletakan judul saja.
4.    Section Header digunakan untuk pembagi antar bab.
5.    Two Content untuk meletakan 2 isi dengan 1 judul.
6.    Comparison untuk membandingkan antara isi satu dengan yang lain.
7.    Blank slide kosong untuk meletakan objek.
8.    Content with caption untuk meletakan isi dan keterangan.
9.    Picture with caption untuk meletakan gambar berserta keterangan.

B.      Editing Teks dan Paragraf Pada Power Point 2007
1.       Font (Huruf) : untuk merubah font.
Keterangan:
a.    Memilih jenis font
b.    Mengubah ukuran font
c.    Menaikan dan menurunkan ukuran font 1 tingkat 
d.    Membersihkan format font yang ada
e.    Mengubah warna font
f.     Change case mengubah bentuk font 
g.    Memberi jarak pada huruf
h.    Memberi efek bayangan pada huruf
i.      Memberi garis tengah pada kata
j.      Format dasar huruf ,bold,italic,underline
2.       Paragraf
Pada proses editing paragraf berfungsi untuk merapikan teks pada paragraf agar mudah dibaca dan dimengerti.
            Keterangan :
                       i.        Bullet untuk member format list dengan symbol.
                      ii.        Numbering untuk member format list dengan simbol
                     iii.        List level untuk mengatur level list   
                     iv.        Line spacing untuk member jarak antarbaris
                      v.        Text direction untuk mengatur arah tekt
                     vi.        Align text untuk mengatur posisi teks
                    vii.        Covert to smartArt untuk mengubah ke objek smartArt 
                   viii.        Columns untuk member format kolom.
                     ix.        Alignment untuk mengatur posisi penataan kailimat
3.       Bullet and Numbering
Berfungsi untuk memperjelas focus pada slide presentasi.Untuk member format bullet and numbering dapat dilakukan dengan cara :
a)      Klik pada menu bullet and numbering
b)      Pilih type yang ingin kita gunakan.
4.       Text direction
Berfungsi untuk member format arah pada text.
5.       Aligment
Berfungsi untuk pemerataan text atau kalimat.

C.      Penggunaan Header and Footer
Berfungsi untuk member judul pada bagian atas dan bawah slide,untuk meletakan slide.Cara penggunaan :
a)      Klik menu tabs insert pilih header and footer.
b)      Date and time untuk member tanggal pada slide. ( Update automatically,Fixed)
c)      Slide number untuk member no halaman slide
d)      Footer untuk member judul dasar slide.

D.     Menampilkan File Animasi dalam Program Power Point
Gambar animasi yang dibuat dengan Macromedia Flash Player disimpan dala bentuk file Shockwave (berektensi swf)
Langkah penampilan file animasi dalam presentasi .
1)      Lakukan instalasi program Macromedia Flash Player.
2)      Tampilkan program Powerpoint.
3)      Pada jendela powerpoint,tampilkan slide untuk menampilkan animasi
4)      Pada office 2007,install dulu menu developer dengan cara : Klik office button>>powerpoint options>>klik popular,lalu centan Show Developer tab the ribbon>>Ok
5)      Klik tab Developer>>klik more Controls
6)      Siapkan lembar slide. Slide>>klik kanan properties>>Movie>>pada movie ketik alamat file animasi.
7)      Pada Toolbox Properties Untuk playing : false,deviseFont:false,Embed Movie :true


EDITING LAYOUT DAN TABEL PADA MICROSOFT POWER POINT 2007

Intisari :
            Salah satu cara membuat slide lebih menarik kita perlu mendesign layout slide.Menu links pada power poit berguna untuk menghubungkan slide atau presentasi ke objek lain.

A.     Design Layout pada Microsoft Power Point 2007
Cara mendesign layout :
1.       Klik menu tabs design
2.       Page setup
            Untuk mpengaturan page setup dapat dilakukan dengan cara :
a)      Slides sized for untuk mengatur ukuran slide.
b)      Slides untuk mengatur tampilan slide portrait atau landscape.
c)       Notes handouts untuk mengatur tampilan slide pada saat dicetak.
d)      Mengatur lebar dan tinggi slide
e)      Number slide untuk memilih slide mana yang akan diatur.
3.       Themes
Themes adalah salah satu fitur terbaru Power point 2007.Dengan themes kita dapat mendesign dengan cepat hanya dengan meng-Klik themes yang kita inginkan.Untuk mengubah warna themes:
a)      Klik colors pada menu tabs design.
b)      Pilih warna yang kita inginkan.

4.       Background atau Latar Belakang.
1)      Cara mengatur latar belakang :
a)      Background style
b)      Format background
i.Solid fiil member latar belakang 1 warna.
ii.Gradient fill memberi penggabungan antra 2 atau lebih warna.
iii.Picture or texture fill memberi tekstur atau gambar.

B.      Penggunaan Tabel pada Power Point 2007Cara menggunakan table :
1.       Klik pada menu tabs insert kemudian klik menu table.
2.       Hasil penggunaan menu table
3.       Editing table
a)      Table style option untuk menambah style table.
b)      Table style untuk mendesign table dengan cepat.
c)       Draw border untuk menggambar dan menghapus garis tepi table.
d)      Layout Menu ini akn otomatis akan keluar


C.      Penggunaan Menu Links
Menu links pada Power point digunakan untuk menghubungkan slide ke objek lain.
Cara menggunakan links
1.       Klik menu tabs insert>hyperlink
2.       Pilih teks yang akan dibuat.
3.       Hasil tampilan.
a.       Link web page apabila kita ingin terhubung langsung dengan almat web yang ditentukan.
b.      Link place in the document apabila kita ingin menuju slide lain yang ditentukan.
c.       Link create new document apabila kita ingin membuat dokumen baru.

No comments:

Post a Comment